Minggu, 08 Januari 2012

Memindahkan Partisi Hardisk



di sini saya mau share aja ama teman-teman cara mindahin partisi komputer. software yg saya pake EASEUS Partitin Master Home Edition (free). software ini cukup mantap lah walaupun fiturnya masih lengkap norton partition magic. Tapi mending pake EASEUS aja, soalnya norton partition magic gak bs dipake d vista ama seven. Tanpa memperpanjang pendahuluan, langsung aja kita ke TKP......

persiapan:
- program EASEUS ( bisa di download di sini ia  http://www.4shared.com/rar/ue4wqCg5/EASEUSDataRecoveryWizardProfes.htm 
- komputer & hardisk yang pasti
- siapin juga Coffemix ama cemilan y

CAUTION:
- data2 yg penting mending di-backup dulu untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan saat proses partisi berlangsung. contoh: mati lampu ato kabel dicabut ama si adek dari stop kontak (klo puny adek yg bandel).

KASUS: 5 GB dari drive C mo ane pindahin ke drive D

Langkah2:

1. Pertama Buka EASUE Partiton Master.

2. Klik drive C, terus Klik resize/move yang ada di toolbar.

http://i42.tinypic.com/f58tnr.jpg

3. Nah, terus d bagian partisi, lihat yg warna abu-abu. itu tandanya masih free space. trus kita geser scroll di bagian kanan ke kiri sampai jumlah hardisk pada bagian "unallocated free space" sesuai dengan jumlah space yg akan kita kosongkan (dlm contoh ini 5GB). trus Ok

http://i41.tinypic.com/2mpk7xc.jpg

4. trus di bagian diagram hardisk akan terlihat bagian "unallocated free space" yang telah kita pisahkan tadi. langkah selanjutnya yaitu memindahkannya ke drive D. Klik drive D dan klik resize/ move.

5. trus kita geser scroll di bagian kiri ke kiri sampai unallocated free space tadi menjadi nol. trus ok.

http://i39.tinypic.com/67p1g0.jpg

6. Untuk memprosesnya, lihat bagian operation pending di sebelah kiri agak ke bawah. disitu akan terlihat 2 proses yang akan kita jalankan yaitu memisahkan partisi dari drive C dan menggabungkan partisi ke drive D.

7. Untuk memprosesnya klik Apply. jika kompie minta direstart klik ok. tunggu sampai proses selesai walaupun agak lama. sambil nunggu proses partisi, mending qt makan bakwan dulu.

http://i41.tinypic.com/33u8y09.jpg


Udh dulu ya bos. nanti klo saia punya hal2 yg aneh, saia bagi2 lg. OK choy.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar